Manusia vs Allaah SWT



Manusia adalah salah satu makhluk yang Allaah SWT ciptakan. Ada banyak kelebihan yang dimiliki manusia dibandingkan dengan makhluk lain. Hal itu tidak lantas membuatnya menjadi makhluk yang tidak pernah mengeluh dan terlepas dari kesedihan. Bahkan manusia dan keluh kesah tidak akan bisa dipisahkan. Pun juga dengan kesedihan, manusia akan terus diselimuti dengan kesedihan.

Tapi tenang saja. Kesedihan dan kegelisahan yang membuat keluh kesah itu tidak akan bertahan lama melemahkan manusia. Manusia yang kuat akan bisa segera lepas dari belenggu keluh kesah dan kesedihan. Kekuatan itu Allaah SWT berikan hanya kepada mereka yang beriman dan bertaqwa kepada Allaah SWT.



Dengan sifat keluh kesah dan kesedihan yang ada pada manusia, tidak sepantasnya kita berharap banyak kepada sesama manusia. Manusia itu makhluk yang serba terbatas. Kemampuannya terbatas. Kehebatannya terbatas. Kekuatannya terbatas.  Rasa cinta terbatas. Kebahagian terbatas. Kesedihan terbatas. Kegalauan terbatas. Jatah kehidupan di dunia terbatas, bahkan paket data internet pun terbatas. 

Karena keterbatasannya itulah tidak sepantasnya kita menggantungkan urusankan kita kepada manusia. Ketika kita menggantungkan atau berharap kepada manusia, kita harus siap dan harus akrab dengan kekecewaan. Jaminan tidak akan bisa diberikan oleh manusia. Harapan yang sepenuhnya diberikan kepada sesama manusia akan sangat mungkin tidak tercapai sesuai dengan harapan.

Saat harapan mutlak ada dan manusia tidak akan bisa memberikan jaminan terhadapnya, maka Allaah SWT akan terus memberikan jaminan untuk seorang hamba yang beriman dan bertaqwa. Di saat yang lain tidak bisa memberikan jaminan dalam hal apapun, Allaah SWT selalu menjamin rizki untuk semua makhluk yang ada di bumi termasuk hewan yang tidak mempunyai kaki sudah dijamin rizkinya oleh Allaah SWT.

Jadi, stop berharap kepada manusia saja! Mulai hari ini mari kita libatkan Allaah SWT dalam setiap aktifitas kita dan hanya berharap serta menggantungkan harapan  kepada Allaah SWT. 

Wallaahu a'lam...

Belum ada Komentar untuk "Manusia vs Allaah SWT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel