Fakta Covid-19 Yang Belum Banyak Diketahui Orang


Covid-19 memang menguras banyak pikiran, tenaga dan dana. Tidak sedikit juga jumlah korban meninggal karenanya. Tentu hal ini tidak lepas dari kuasa dan kehendak Allah SWT. Bahkan tidak ada sekecil kejadianpun di dunia ini yang luput dari kuasaNya. Musibah Covid-19 ini pasti berdampak pada kehidupan kita. Baik buruknya dampak itu, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Sekitar sepekan yang lalu, saat berada di bengkel untuk ganti ban motor, saya berbincang-bincang dengan salah seorang tetangga pemilik bengkel tentang Covid-19. Awalnya pembicaraan kami bermula dari mengomentari sepinya jalan raya di depan bengkel. Hingga akhirnya pembicaraan kami tentang Covid-19 dimulai.


Banyak masjid yang sudah tidak menyelenggarakan sholat berjamaah. Tetapi masjid di dekat bengkel tetap melaksanakan sholat berjamaah. Katanya sholat berjamaah tetap diselenggarakan dengan memperhatikan standar kesehatan. Ngalor-ngidul obrolan kami tentang Covid-19 hingga tidak terasa gelas berisi teh panas tinggal meninggalkan gula pasir yang mengendap di dasar gelas dengan sedikit air teh.

Dari obrolan kami itu, ada beberapa hikmah dari musibah Covid-19 ini, antara lain:
1. Kita jadi rajin cuci tangan. Secara umum, kebersihan semakin kita perhatikan.
Setelah rumah bahkan toko-toko saat ini menyediakan tempat cuci tangan. Hal semacam ini hampir ditemukan di setiap rumah dan toko. Kita jadi tersadar bahwa kebersihan merupakan salah satu ikhtiar untuk sehat.

2. Kualitas udara semakin bagus.
Hal ini dikarenakan sedikitnya kendaraan bermotor yang keluar. Beberapa instansi membuat peraturan untuk WFH (work from home) untuk pegawainya. Hal ini sangat berdampak pada jumlah kendaraan yang mengalami penurunan. Biasanya, sebelum musibah Covid-19 ini terjadi, lalu lalang kendaraan bermotor, dari yang roda dua hingga roda enam, sangat mudah kita jumpai. Hal inilah yang menyebabkan menurunnya polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor.

3. Adanya tambahan waktu untuk keluarga.
Covid-19 ternyata mampu mendekatkan kembali keluarga dengan adanya peraturan WFH (work from home). Walau tidak semua keluarga begitu. Tetapi bagi kebanyakan keluarga, hal ini membawa arti yang bagus. Pekerjaan yang biasanya menyita banyak waktu di luar rumah, saat ini tidak lagi menjadi penghalang berkumpulnya keluarga. Para orang tua bisa menghabiskan waktu dengan anak-anaknya yang juga melaksanakan pembelajaran di rumah. 
4. Yang paling bagus adalah semakin banyak orang yang kembali kepada agama.
Kekhawatiran terhadap kesehatan, membuat banyak orang tadinya tidak memperdulikan agama menjadi sadar akan agama. Mereka tersadar bahwa kesehatan datang dan dianugerahkan kepada mereka oleh Allah SWT. Dengan demikian mereka mencoba mendekatkan diri kembali kepada Allah SWT dengan harapan tetap dan selalu dalam keadaan sehat dan selamat.

Semoga musibah ini segera berakhrir tanpa mengakhiri kebaikan-kebaikan yang dibawanya.
Semoga kebiasaan baik yang ada dan kembali ada karena Covid-19 ini selalu menjadi kebiasaan yang abadi.
Semoga Allah SWT menjaga keimanan dan kesehatan kita semua.
Tetap di rumah.
Di rumah saja.
Kita berdoa, semoga para dokter dan tenaga kesehatan lainnya bekerja ikhlas karena Allah SWT dan mendapatkan pahala di sisiNya. 

Belum ada Komentar untuk "Fakta Covid-19 Yang Belum Banyak Diketahui Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel