Apakah Nabi Yang Beragama Islam Hanya Nabi Muhammad SAW?

Pertanyaan:


Benarkah hanya nabi Muhammad SAW yang beragama Islam, sedangkan nabi-nabi yang lain tidak? Mohon penjelasan kalau ada yang berpendapat demikian. (Shafra Alisyahbana, Ign. SM No.7933).

Jawaban:


Menurut keyakinan Islam, semua nabi yang diutus Allaah SWT membawa aqidah tauhid. Dalam Islam disebutkan bahwa bukan hanya nabi Muhammad SAW yang menganut dan menganjurkan/mendakwahkan Islam, tetapi juga nabi-nabi yang lain, seperti nabi Nuh, nabi Ibrohim, nabi Ya'qub dan nabi Musa. Hal ini dapat dibaca pada beberapa ayat di bawah ini.

Syariat yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW juga dibawa oleh nabi-nabi sebelumnya, seperti tersebut pada surat Asy Syura ayat 13.

" Dia (Allaah SWT) telah mensyariatkan bagi kamu tentang agama yang telah diwasiatkanNya kepada nabi Nuh dan yang telah Kami wasiatkan kepada nabi Ibrohim, nabi Musa dan nabi Isa, yakni, Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah-belah tentangnya."


Dalam ayat 72 surat Yunus, nabi Nuh menyatakan bahwa dirinya diperintahkan untuk menjadi orang Muslim.

" Nuh berkata: 'Jika kamu berpaling, aku tidak meminta upah (imbalan) sedikitpun darimu. Imbalanku tidak lain hanyalah dari Allaah SWT dan aku diperintahkan agar aku termasuk golongan orang-orang Muslim (berserah diri)."

Dalam surat al Baqoroh ayat 132 kita dapati bahwa nabi Ibrohim dan nabi Ya'qub mewasiatkan kepada anak cucunya agar tetap menjadi orang yang berserah diri (Muslimin).

" Ibrohim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya , demikian pula Ya'qub. ' Hai anak-anakku, sesungguhnya Allaah SWT telah memilih agama ini untukmu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim (memeluk agama Islam)'."

Dalam surat Yunus ayat 84 disebutkan bahwa nabi Musa berpesan kepada umatnya agar mereka tetap bertawakal, kalau mereka benar orang yang berserah diri,

"Musa berkata: ' Hai kaumku, jika kamu beriman kepada Allaah SWT, maka bertawakallah kepadaNya saja, jika kamu benar-benar orang yang berserah diri (Muslimin)'."


Sumber: Buku "Tanya - Jawab Agama III", Suara Muhammadiyah, Juni 1995 M.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Nabi Yang Beragama Islam Hanya Nabi Muhammad SAW?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel