Apa Perbedaan Islam - Muslim dengan Iman - Mukmin?



Pertanyaan:

Minta dijelaskan tentang Islam dan Muslim, karena pada buku nomor yang lalu belum terjawab. Apakah ada perbedaan Islam dan Muslim itu dengan Iman dan Mukmin dalam pengamalan sehari-hari? (Sulaiman M. SH., Ign. No. A. 7813 Jl H. Bardan II No. 2 Bandung, 40287).

Jawaban:

Islam berasal dari kata "aslama" yang berarti tunduk menyerahkan diri. Sehingga kata aslama menjadi Islami yang berarti penyerahan diri. Islam sebagai nama agama merupakan penyerahan diri kepada Allaah SWT. Orang yang menganut agama Islam disebut Muslim. Dalam proses memeluk agama Islam ini, ada kalanya belum sepenuhnya dengan dasar keyakinan atau iman. Dalam hal ini sesuai dengan ayat 14 surat al Baqoroh, di kala orang Arab menyatakan beriman, padahal hatinya belum sepenuhnya beriman, agar mereka menyatakan/mengucapkan saja "aslamnaa" artinya Islam, menyerahkan diri pada nabi Muhammad SAW, karena memang dalam hatinya belum ada iman yang sempurna.

Investasi Akhirat Dengan Ikut Berwakaf Untuk Pembangunan Pondok Pesantren Penghafal Quran

Dalam hadits riwayat Ibnu Abi Syaibah dari Anas r.a. dinyatakan bahwa Islam itu bersifat lahiriah sedang iman itu dalam hati. Tetapi hadits nabi Muhammad SAW riwayat Bukhori dan Muslim dari Abu Huroiroh r.a., ketika ditanya tentang iman, jawabannya adalah, " Percaya kepada Allaah SWT, malaikat-malaikat, akan bertemu denganNya, rasul-rasulNya dan percaya dengan hari kebangkitan". Sedangkan ketika ditanya tentang Islam, jawabannya adalah, " Beribadah kepada Allaah SWT dan tidak menyekutukanNya (syirik), mendirikan shalat, membayar zakat, mengerjakan puasa Ramadhan". Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa Islam adalah beribadah kepada Allaah SWT  dan tidak menyekutukannya (syirik) berarti pernyataan Islam pertama adalah beriman.

Dengan demikian Islam sebenarnya juga memasukkan iman pada kerangka ajarannya, bahkan akhlak juga masuk kerangka ajarannya. Kalau menurut keterangan di atas, bahwa Islam itu melaksanakan amalan lahiriah seperti sholat, puasa, zakat dan haji, sebagaimana dalam hadits riwayat Bukhori dan Muslim, Nabi Muhammad SAW menerangkan bahwa iman kepada Allaah SWT adalah dengan mengucapkan dua syahadat, mendirikan sholat, membayar zakat dan mengerjakan puasa Ramadhan. Jadi iman berarti melaksanakan Islam pula.

Kesimpulannya, kalau pengertian Islam dalam arti luas adalah meliputi pelaksanaan iman, sedangkan pengertian iman dalam arti luasnya adalah meliputi pelaksanaan ajaran Islam. Seorang Muslim yang sempurna adalah orang Mukmin yang melaksanakan cabang-cabang iman yang sempurna. Demikian pula dengan Mukmin yang sempurna kalau orang itu juga melaksanakan ajaran Islam secara sempurna.

Sumber: Buku "Tanya - Jawab Agama III", Suara Muhammadiyah, 1995 M.

Belum ada Komentar untuk "Apa Perbedaan Islam - Muslim dengan Iman - Mukmin?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel