Bagaimana Cara Sholat Jama' Ta'khir?

Cara Sholat Jama' Ta'khir


Pertanyaan:

Sekalipun masalah biasa, tetapi saya mohon penjelasan yang didasarkan pemahaman yang ada, yakni tentang pelaksanaan sholat jama’ ta’khir, apakah dilakukan sholat Dhuhur baru Asar dan Maghrib baru Isya’ atau sebaliknya? (Thaha Ma’sum, MAM Kepil)

Jawaban:

Dalil diperbolehkannya sholat jama’ ta’khir adalah hadits nabi Muhammad SAW riwayat Bukhori dan Muslim dari Anas bin Malik sebagai berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَلِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا اِرْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيْغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ الْعَصْرِ, ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا, فَإِنْ زَاغَتْ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكَبَ
(رواه البخاري و مسلم)

Dari Anas bin Malik ra., diceritakan bahwa dahulu Rasulullaah SAW apabila berangkat sebelum tergelincir matahari, beliau mengakhirkan sholat Dhuhur sampai waktu Asar (kala itu beliau berhenti dan menjama’ kedua sholat). Jika beliau berangkat sesudah tergelincir matahari, beliau mengerjakan dahulu sholat Dhuhur, setelah itu beliau berangkat.
(HR. Bukhori dan Muslim)

Dalam hadits tersebut tidak disebutkan bagaimana cara menjama’ apakah sholat Dhuhur dulu baru sholat Asar atau sholat Asar dulu baru Dhuhur. Demikianlah dalam banyak riwayat tidak ditegaskan pelaksanaan jama’ kedua sholat itu. Kalau kita membaca riwayat Muslim dari Usamah bin Zaid, ia mengatakan:

دَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَرَفَةَ حَتَّى إِذَا كَانَ بِالشَّعْبِ نَزَلَ فَبَالَ ثُمَّ تَوَضَّأَ وَ لَمْ يُسْبِغِ الْوُضُؤَ فَقُلْتُ لَهُ الصَّلَاةَ قَالَ الصَّلَاةُ أَمَامَكَ فَرَكِبَ فَلَمَّا جَاءَ الْمُزْدَلِفَةَ نَزَلَ فَتَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُؤَ ثُمَّ أُقِيْمَتِ الصَّلَاةُ فَصَلَّى الْمَغْرِبَ ثُمَّ أَنَاخَ كُلُّ إِنْسَانٍ بَعِيْرَهُ فِيْ مَنْزِلِهِ ثُمَّ أُقِيْمَتُ الْعِشَاءُ فَصَلَّاهَا وَ لَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا
(رواه مسلم)

Nabi Muhammad SAW bertolak dari Arofah, hingga pada waktu sampai di Syi’bi beliau berhenti dan berkemah kemudian berwudhu dan tidak bergitu sempurna wudhunya, maka aku tanyakan kepada beliau tentang melakukan sholat. Beliau menjawab: “Sholat di depan sana”. Nabi Muhammad SAW pun kemudian naik kendaraan dan setelah sampai di Muzdalifah, beliau turun dan mengambil wudhu dengan sempurna kemudian dibacakan iqomah, maka beliau sholat Maghrib dan orang banyakpun mendudukkan untanya di tempatnya. Kemudian dibacakan iqomah untuk sholat Isya’, maka beliaupun sholat Isya’ dan tidak melakukan sholat apapun di antara kedua sholat itu (Maghrib dan Isya’)
(HR. Muslim)

Dari hadits riwayat Muslim dari Usamah bin Zaid itu, dapat diketahui bahwa ketika Nabi Muhammad SAW melangsungkan sholat di Muzdalifah (sholat jama’ ta’khir), menjama’ sholat Maghrib dan Isya’, beliau mendahulukan sholat Maghrib kemudian sholat Isya.

Sumber: Buku “Tanya – Jawab Agama III”, Suara Muhammadiyah, Juni 1995.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Sholat Jama' Ta'khir?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel