Fakta Tentang Dunia

Dunia vs Akhirat


Kehidupan yang dikejar banyak orang ini tidak akan pernah ada habisnya. Semakin dikejar, semakin nampak menarik dan memperdaya. Begitulah sejatinya dunia ini. Sangat rugi sekali kalau kita termasuk dari sekian banyak orang yang menghabiskan usianya hanya untuk mengejar dunia semata.

Tidak ada kepastian di dunia ini. Semuanya berkembang dan bisa berubah sangat cepat. Kita pasti masih ingat bagaimana perhitungan musim hujan dan kemarau di Indonesia. Kini sudah tidak lagi akurat perhitungan itu. Perhitungan musim tanam dan musim melaut tidak lagi presisi. Berbagai rencana yang sudah disiapkan harus kembali direvisi untuk menyesuaikan keadaan terkini. Semua segi kehidupan bisa berubah dan sangat mungkin bahkan pasti berubah. Tetapi ada satu hal yang tidak akan berubah? Apa ada? 

Kepastian terkait hidup setelah kematian merupakan hal yang pasti dan tidak akan berubah. Semua akan dihidupkan kembali, tidak terkecuali. Orang yang beriman dan yang kafir, semua akan Allah SWT bangkitkan untuk menghadapi kehidupan kekal di akhirat. Akan ada 2 (dua) kelompok saja, kelompok surga dan kelompok neraka. Surga disediakan oleh Allaah SWT untuk orang-orang yang banyak amal sholih di dunia. Sedangkan neraka adalah tempat untuk mereka yang terus menerus mengejar dunia tanpa sedikitpun memperhatikan kehidupannya kelak di akhirat.

Dunia ini sesungguhnya hanya tempat memperbanyak bekal untuk persiapan kita di akhirat kelak. Dunia ini serba terbatas. Kebahagian di dunia sangat terbatas. Kesedihan pun demikian. Kesuksesan di dunia juga terbatas. Demikian juga dengan kegagalan. Waktu terbatas. Masa anak-anak terbatas. Masa muda terbatas. Bahkan kehidupan ini juga terbatas. Sewaktu-waktu bisa saja habis jatah kehidupan kita ini. Jangan harap maut mau menunggu banyaknya bekal kita.

Ketidakpastian ini hendaknya menjadikan kita semakin semangat dalam mempersiapkan kehidupan setelah kehidupan di dunia ini. Harusnya kita tidak lagi mengerjar dunia hingga tidak lagi ada tenaga untuk mempersiapkan akhirat. Jangan lagi kita hanya menyisakan tenaga kita untuk mengejar akhirat. Sisa-sisa tenaga yang tersisa setelah mengejar dunia. Mulai saat ini mari kita prioritaskan persiapan kehidupan di akhirat dari pada terus mengejar dunia, tentu tanpa kita melupakan kebutuhan hidup kita di dunia. Dunia dapat, akhiratpun dahsyat.

Semoga Allaah SWT senantiasa membimbing kita dalam mengarungi kehidupan kita di dunia dan memberikan tempat terbaik di akhirat kelak bersama orang-orang sholih, para syuhada' dan para nabi serta rasulNya di surga. Aamiiiin...

Belum ada Komentar untuk "Fakta Tentang Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel