Bagaimana Jika Lupa Berdoa Saat Makan?


 

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ


“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)


Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang Allaah SWT ciptakan. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Tentu kita sebagai manusia harus makan untuk bisa bertahan hidup. Begitulah fitrah yang telah Allaah SWT tetapkan untuk semua makhluk hidup, termasuk kita.


Islam merupakan agama yang sempurna. Seluruh ajarannya mencakup semua aspek kehidupan. Kita tidak akan bisa menemukan satu aspek kehidupan pun yang tidak ada aturannya dalam Islam. Seluruh permasalahan hidup ini, sudah ada jawabannya dalam Islam. Hal ini perlu terus kita syukuri.



Termasuk perihal makan, agama Islam sudah mengatur agar aktifitas makan ini membawa manfaat untuk kita. Tentu dengan kita mengamalkan ajaran Islam saat makan, tidak hanya kenyang yang kita dapatkan, melainkan manfaat-manfaat lainnya akan kita dapatkan, baik di dunia maupun di akhirat, insyaAllaah.


Sifat lupa yang menjadi fitrah manusia sangat mungkin terjadi, termasuk perihal aturan makan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW mencontohkan kita untuk membaca doa sebelum makan. Akan tetapi terkadang kita lupa untuk membacanya. Apa yang diperintahkan nabi Muhammad SAW jika kita lupa membaca doa sebelum makan? 


Jika kita terlupa membaca doa sebelum makan, rasulullaah SAW memerintahkan kita untuk mengucapkan doa, bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya). Doa ini kita ucapkan saat kita tersadar ternyata kita belum membaca doa sebelum makan. Hal yang simpel ini, semoga menjadi bukti ketaatan kita pada rasulullaah SAW dan kepada Allaah SWT. Juga menjadi bukti bahwa kita selalu berusaha untuk menyerahkan dan menyertakan Allaah SWT dalam setiap aktivitas kita.


Hal kecil ini juga membuktikan bahwa Islam benar-benar mengatur semua segi kehidupan. Tidak ada yang tidak tersentuh oleh ajaran Islam. Semoga Allaah SWT meringankan langkah ketakwaan kita. Semoga Allaah SWT menetapkan kita terus dalam keadaan Islam dan mengamalkan ajaran Islam sesuai al Quran dan al Hadits sampai akhir hayat kita.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Jika Lupa Berdoa Saat Makan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel