Manfaat Membaca Istighfar


Manfaat Istighfar

"Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad dan Ibnu Abbas)


“Maka bertasbihlah kamu (Muhammad) dengan memuji Tuhanmu dan memohon ampunlah kepada-Nya, sesungguhnya Dia-lah Zat yang Maha Pengampun.” (QS an-Nashr: 3) 



وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An Nisa: 110)



فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

Maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu (QS. Nuh: 10-11)


Dari sekian amal sholih yang Allaah SWT tetapkan, membaca kalimat istighfar merupakan salah satu amal sholih yang sangat mudah kita lakukan. Tetapi tidak sedikit dari kita yang lalai bahkan enggan terhadap amal sholih ini. Betapa sombongnya kita jika memohon ampun saja tidak sempat bahkan tidak mau.


Membaca atau mengucap kalimat istighfar mempunyai banyak sekali manfaat. Ampunan Allaah SWT sudah menjadi sebuah kepastian. Selain hal itu, Allaah SWT sudah menjanjikan hal banyak lainnya. Semakin banyak bacaan istighfar, semakin besar peluang kita mendapatkan manfaatnya.


Beberapa manfaat dari membaca atau mengucap istighfar antara lain adanya jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita alami, termasuk dalam permasalahan mendapatkan buah hati. Selain itu, dengan memperbanyak membaca istighfar Allaah SWT akan memberikan rizki yang tidak pernah kita sangka-sangka arahnya. Allaah SWT juga akan memberikan kelapangan dalam kehidupan. Masih banyak lagi sebenarnya manfaat dari membaca bacaan istighfar selain yang disebutkan di atas.


Semoga Allaah SWT memberikan kemudahan kepada kita dalam memperbanyak bacaan istighfar. Semoga Allaah SWT menerima istighfar kita sehingga kita mendapatkan manfaat dari bacaan istighfar serta mendapatkan rahmat Allaah SWT.

Wallaahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Membaca Istighfar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel