Tersenyumlah

Tersenyumlah

@penaku_dakwahku

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ


"Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu"

(HR at-Tirmidzi no. 1956, Ibnu Hibban no. 474 dan 529 dll, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, dan dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam "ash-Shahihah")


Kesedihan, kekecewaan bahkan keterpurukan suatu saat akan datang dalam kehidupan kita. Kapan? Tentu kita tidak akan bisa tahu. Bisa saja datangnya tiba-tiba. Secara tiba-tiba terlintas dalam ingatan kita suatu moment kesedihan dalam hidup kita. Saat itulah kita merasa sedih tiba-tiba. Suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita akan membuat kita kecewa. Bahkan saat diri kita benar-benar merasa sudah tidak ada lagi kemungkinan untuk usaha yang kita lakukan, kita merasa tak berdaya.


Kita sebagai seorang mukmin (orang yang beriman) tentu apapun kondisi yang kita alami dan rasakan adalah sebuah kebaikan. Keikhlasan dan kesabaran menjadi syarat mutlak untuk kebaikan itu. Tanpa keduanya mustahil kita akan mendapatkan kebaikan dari cobaan yang Allaah SWT takdirkan untuk kita.


Keikhlasan dan kesabaran yang menjadi syarat mutlak kebaikan, dapat terlihat dari perilaku kita. Walaupun kualitas keikhlasan dan kesabaran hanya Allaah SWT yang tahu, kita bisa menunjukkan keikhlasan dan kesabaran kita terhadap cobaan Allaah SWT dengan sebuah senyuman. Senyuman yang nampak di wajah kita memberikan gambaran keikhlasan dan kesabaran akan cobaan.


Senyuman yang selalu kita tampakkan, merupakan sebuah kebaikan yang dengan izin Allaah SWT akan bernilai ibadah. Senyum sebagai sebuah kebaikan bisa memberikan efek kebaikan pula kepada orang lain. Saat kita tersenyum, orang lain pun akan ikut tersenyum, dengan izin Allaah SWT tentunya. Kebaikan (senyum) yang kita lakukan akan memunculkan kebaikan-kebaikan (senyum-senyum) yang lain. InsyaAllaah kebaikan itu akan bernilai ibadah dan mendatangkan pahala.


Mari kita tunjukkan senyum terindah yang kita punya kepada semua orang. Semoga senyum yang kita berikan kepada orang lain dinilai Allaah SWT sebagai sebuah ibadah yang bernilai pahala. Semoga senyum kita bisa memberikan efek positif di lingkungan sekitar kita. Senyuman terindahkan kita bisa mengubah kesedihan menjadi kebahagiaan, kekecewaan menjadi keikhlasan dan kerelaan serta mengubah pesimis menjadi optimis, dengan izin Allaah SWT tentunya.


Mari terus menambah pahala dengan menyebarkan senyum. Berikanlah senyum terbaik dan termanis yang kita punya. Keep smile. 😊



Belum ada Komentar untuk "Tersenyumlah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel