Manfaat Mengucapkan Dan Menyebarkan Salam

 


Assalaamu'alaikum wa rohmatullaah wa barokaatuh

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullaah SAW bersabda:


لاَ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ


"Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak akan sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian." (HR. Muslim)


Surga merupakan impian kebanyakan manusia. Berbagai kenikmatan yang dijanjikan oleh Allaah SWT membuat para pencari surga sibuk dengan amal-amal sholih. Untuk mendapatkannya, banyak dari orang beriman yang rela berkorban dengan harta benda bahkan nyawa. Tidak sedikit yang memberikan separuh lebih dari hartanya untuk berjuang mendapatkan surga. 


Rasulullaah Muhammad SAW dalam hadits di atas menjelaskan, bahwa kita bisa mendapatkan surga dengan menyebarkan salam, tentu hal itu harus diikuti oleh syarat-syarat yang lain. Ucapan salam merupakan doa meminta keselamatan, rahmat dan berkah dari Alaah SWT. Ucapan salam akan mendatangkan rasa cinta saat diucapkan dengan penuh harap kepada Allaah SWT, bukan hanya sebagai ucapan biasa seperti ucapan "selamat pagi", "selamat siang", dan ucapan lainnya. Ucapan salam merupakan doa, permohonan keselamatan, rahmat dan berkah untuk saudara kita sesama muslim.


Doa yang kita ucapkan melalui salam merupakan bukti kecintaan kita kepada saudara sesama muslim. Cinta kita kepada sesama muslim merupakan salah satu tanda adanya iman dalam diri kita. Iman itulah yang menjadi syarat dimasukkannya kita ke dalam surga. 


Bisa jadi keselamatan saat berkendara, bekerja dan saat melakukan aktifitas yang lain merupakan manfaat dari salam yang kita ucapkan dan dibalas juga dengan salam oleh orang lain. Kemudahan yang kita dapatkan dalam semua urusan kita merupakan berkah dan rahmat dari Allaah SWT. Bisa jadi kesemuanya itu kita dapatkan karena doa orang lain melalui ucapan salamnya, tentu dengan izin Allaah SWT. Tidak ada amal sholih yang telah rasulullaah SAW tuntukan untuk kita yang tidak membawa manfaat besar untuk kehidupan kita di dunia, bahkan untuk kehidupan kita kelak di akhirat.


Mari terus kita sebarkan salam saat bertemu dengan sesama muslim. Semoga salam yang kita ucapkan menjadi bukti keimanan dan ketakwaan kita kepada Allaah SWT dan rasulNya Muhammad SAW. Dengannya, atas izin Allaah SWT kelak kita akan dimasukkan ke dalam surgaNya. Aamiiin...

Wassalaamu'alaikum wa rohmatullaah wa barokaatuh

2 Komentar untuk "Manfaat Mengucapkan Dan Menyebarkan Salam"

  1. Hal yang ringan bermanfaat yang banyak...dan jauh..kedepan..

    Nwn Pak jadi tambah mantap...untuk mengucapkan salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Allaah SWT senantiasa memberikan kemudahan untuk kita dalam mengamalkan sunnah-sunnah nabi Muhammad SAW. Aamiiiiin... Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon bantuannya untuk ikut share tulisan ini agar lebih luas lagi manfaatnya.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel