Bahagia Dengan Membahagiakan

Bahagia Dengan Membahagiakan

 

Rasulullaah SAW bersabda: "Barang siapa menghilangkan kesulitan seorang muslim dari kesulitan-kesulitannya, maka Allaah SWT akan menghilangkan darinya kesulitan-kesulitan pada hari kiamat. Allaah SWT akan menolong seseorang selama ia menolong orang lain."

(HR. Muslim)


هَلْ جَزَآءُ الْإِحْسٰنِ إِلَّا الْإِحْسٰنُ

"Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula."

( Qs. Ar rahman : 60 )

Kebahagiaan merupakan keinginan kita semua. Tidak ada satupun dari kita yang menginginkan kesedihan, kedukaan dan hal yang serupa dengannya. Bahkan semua yang kita lakukan adalah untuk mencari kebahagiaan.


Ada perbedaan yang membedakan seorang yang beriman dan tidak beriman dalam mencari kebahagiaan. Orang yang tidak beriman akan habis-habisan menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan kebahagiaan, dan itu tidak kekal. Sedangkan orang beriman, akan melakukan apapun, memberikan apapun dan menggunakan apapun yang mereka punya untuk mendapatkan kebahagiaan yang kekal.


Orang-orang beriman berorientasi pada kebahagian akhirat. Kebahagiaan akhirat yang dicari di dunia juga akan mengarahkan kita untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia. Dengan kata lain, saat kita mencari kebahagiaan akhirat, kita juga akan mendapatkan kebahagiaan di dunia. Beda halnya jika kita mencari kebahagiaan dunia saja, maka kebahagiaan akhirat belum tentu kita dapatkan. Bisa jadi tenaga kita sudah habis untuk mencari kebahagiaan di dunia hingga tidak tersisa apapun dari diri kita untuk mencari dan mendapatkan kebahagiaan di akhirat.


Allaah SWT memberikan kita kabar melalui lisan rasulullaah SAW, bahwa jika kita menolong orang lain, Allaah SWT juga akan menolong kita. Hal ini menjadi janji Allaah SWT kepada kita sebagai orang yang beriman. Artinya saat kita membantu orang lain untuk bahagia, terlepas dari kesusahan dan kesulitan, maka kita juga akan mendapatkan kebahagiaan. Bukankah saat kita bisa menolong orang lain kita akan merasa bahagia dan senang. Hal ini juga akan dicatat sebagai amal sholih jika diniatkan karena Allaah SWT.


Dalam surat Ar Rahman ayat 60, Allaah SWT mengabarkan bahwa tidak ada balasan kebaikan melainkan kebaikan juga. Hal ini mempunyai maksud, saat kita berbuat baik, maka kita juga akan mendapatkan balasan kebaikan. Saat kita membuat orang lain bahagia karena Allaah SWT, maka kita pasti akan mendapatkan kebahagiaan juga, baik di dunia maupun di akhirat.


Maka membahagiakan orang lain adalah amal kebaikan atau amal sholih yang kita lakukan di dunia dan bermanfaat di akhirat. Dengan membahagiakan orang lain, kita akan mendapatkan kebahagiaan juga. Semakin banyak kita membahagiakan orang lain, semakin banyak juga doa-doa kebaikan yang akan kita dapatkan. Bisa jadi hal itulah yang akan menyelamatkan dan memberikan kebahagiaan di akhirat kelak.


Mulai sekarang, mari terus berusaha untuk membahagiakan orang-orang di sekitar kita. Mulai dari keluarga kita, tetangga kita dan semua saudara-saudara kita yang lain. Semoga Allaah SWT memberikan kemudahan dan keistiqomahan kepada kita untuk bisa terus membuat bahagia orang-orang di sekitar kita.

Aamiiin...

4 Komentar untuk "Bahagia Dengan Membahagiakan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel