Siapa Manusia Terbaik?

Siapa Manusia Terbaik?

 

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ


“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni)


Terbaik. Banyak dari kita ingin mendapatkan predikat itu. Berbagai upaya akan kita lakukan untuk bisa mendapatkannya. Untuk menjadi terbaik memang banyak sekali caranya. Tetapi ada satu dari sekian banyak cara untuk menjadi terbaik, yaitu menjadi manusia yang bermanfaat untuk  orang lain.


Cara ini merupakan nasehat dari nabi Muhammad SAW melalui sabda beliau. Tentu nasehat ini menjadi sangat istimewa karena disampaikan oleh orang yang paling istimewa di sisi Allaah SWT, rob semesta alam. Menjadi orang paling bermanfaat untuk orang lain akan menjadikan kita sebagai manusia dengan predikat terbaik.


Memberi manfaat bagi orang lain, tentu saja bisa dalam bentuk apapun. Mulai dari yang paling mudah, dengan mendoakan, sampai dengan yang paling susah. Standar mudah dan susah bagi tiap orang pasti berbeda. Maka kita bisa memilih amalan apa yang akan kita lakukan untuk bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Sebisa kita. Semampu kita. Bukan besarnya amalan, tetapi seberapa besarnya manfaat yang diberikan.


Allaah SWT selalu memberikan kita peluang untuk bisa memberi manfaat. Tetapi terkadang kita, sebagai manusia, tidak sadar bahkan ada yang tidak mau untuk melakukannya. Betapa banyak orang yang tidak amanah pada apa yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagai contoh kasus korupsi dan kasus-kasus lainnya yang dilakukan oleh para pejabat. Padahal semakin tinggi jabatannya, peluang untuk bisa memberikan manfaat untuk orang lain semakin tinggi pula.


Semoga kita termasuk orang-orang yang mudah dalam membaca peluang untuk bisa terus bermanfaat untuk orang lain. Semoga Allaah SWT mudahkan setiap perbuatan baik kita untuk orang lain. Semoga  diantara doa-doa kita selalu terselip doa untuk saundara-saudara muslim kita. Semoga kita tidak lupa untuk mendoakan saudara-saudara kita yang ada di Palestina, Suriah, Uighur dan tempat-tempat lainnya. Semoga manfaat-manfaat yang telah kita berikan untuk orang lain, kelak menjadikan bukti dan Allaah SWT  menggolongkan kita menjadi manusia terbaik disisi Allaah SWT. Aamiiin...


Wallaahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Siapa Manusia Terbaik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel