Mengapa Susunan Ayat Al Quran Tidak Sesuai dengan Urutan Turunnya?

Mengapa Susunan Ayat Al Quran Tidak Sesuai dengan Urutan Turunnya?

 

Pertanyaan:

Ayat yang pertama kali turun ialah "Iqro' .....dst,", dan yang terakhir turun ialah "Al yauma akmaltu lakum..... dst." Mengapa mushhaf tidak tersusun sebagaimana urutan turunnya? Yang kita baca sekarang adalah al Quran yang dimulai dengan surat al Fatihah dan yang terakhir adalah surat an Nas. Mohon keterangan. (Angku Kuning, Lgn. No. 6480)


Jawaban:

Rasulullaah SAW telah menetapkan beberapa orang sahabat yang bertugas sebagai penulis beliau dalam urusan wahyu. Mereka adalah Abu Bakar, Umar, Usman, Ali, Mu'awiyah, Ziad bin Tsabit, Ubay bin Ka'ab, Khalid bin Walid dan Tsabit bin Qais. Semua diperintahkan oleh Rasulullaah SAW  agar mencatat setiap wahyu yang turun, sehingga seolah-olah catatan mereka telah dipandang sebagai mengumpulkan al Quran dalam dada mereka masing-masing.


Semua pekerjaan penulisan al Quran senantiasa di bawah pengawasan  Nabi Muhammad SAW. Letak masing-masing ayat dan surat sudah diatur langsung oleh Rasulullaah SAW, meskipun  tempatnya masih berserakan di atas benda-benda yang dijadikan tempat menulis. Sehingga sedikitpun tidak ada keraguan di kalangan umat Islam bahwa penyusunan dan penempatan ayat-ayat serta surat-surat semuanya atas perintah Rasulullaah SAW yang tentu saja dibimbing oleh wahyu atau petunjuk dari Allaah SWT melalui malaikat Jibril. Hal itu menjadikan penyusunan al Quran tidak mungkin terbalik, terlupa, bertambah atau berkurang dan sebagainya.


Suatu contoh, pada suatu hari sahabat yang bernama Ubay bin Ash duduk bersama Rasulullaah SAW, tiba-tiba beliau mengangkat matanya sambil membetulkan letak suatu ayat, beliau bersabda:


 أتاني جبريل فأمرني أن أضع هذه الآية هذا الموضع من هذه السورة : إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى

"Jibril datang kepadaku dan menyuruhku meletakkan ayat ini pada surat ini, yakni ayat 'Sesungguhnya Allaah SWT memerintahkan berlaku adil dan berbuat ihsan serta memberikan hak kaum kerabat' ....." (Al Itqan 1/104)


Dari banyak hadits didapati keterangan bagaimana cara Rasulullaah SAW mendikte wahyu kepada penulis wahyu dalam mencatat al Quran. Terkadang Nabi Muhammad SAW membaca beberapa surat menurut tertib ayatnya dalam sholat atau pada khutbah Jumat yang disaksikan oleh para sahabatnya, dan tentu saja hal yang baru didengar itu dicatat oleh para sahabat, terutama para pencatat wahyu. Ini menunjukkan bahwa urusan penyusunan ayat-ayat dalam surat dan susunan surat-surat dalam al Quran adalah wewenang Nabi  dan diinstruksikan kepada para pencatat untuk menyusunnya sebagaimana sekarang kita baca dalam mushhaf. Keterangan seperti ini dapat dibaca antara lain pada kitab Al Itqan atau kitab Sejarah dan Pengantar Ilmu Tafsir tulisan Prof. Hasbi As Shiddieqy dan pada buku Muqoddimah al Quran dan Tafsirnya oleh Departemanen Agama.


Wallaahu a'lam.

Sumber: Buku Tanya-Jawab Agama II, Tim PP Muhammadiyah Majelis Tarjih, Suara Muhammadiyah, 1992.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Susunan Ayat Al Quran Tidak Sesuai dengan Urutan Turunnya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel