Apakah Bacaan Surat Yusuf dan Surat Maryam Berkhasiat Pada Kehamilan?

 

Apakah Bacaan Surat Yusuf dan Surat Maryam Berkhasiat Pada Kehamilan?

Pertanyaan:

Apakah bacaan surat Yusuf dan surat Maryam dalam al Quran ada khasiatnya pada kehamilan seseorang? (M. Fauzi Arba, Wates, Kulonprogo, Yogyakarta)


Jawaban:

Membaca al Quran adalah suatu ibadah. Bacaan al Quran yang diniatkan dengan ikhlas beribadah semata-semata karena Allaah SWT dengan tartil, direnungkan maknanya, akan berpengaruh baik bagi batin seseorang. Hal itu dikarenakan al Quran adalah petunjuk, rahmat dan obat rohani bagi manusia yang beriman, sebagaimana disebutkan dalam surat Yunus ayat 57. Oleh karena itu kita semua dianjurkan untuk banyak-banyak membaca al Quran serta merenungkan maknanya. Anjuran itu ditujukan kepada orang yang sedang hamil maupun yang tidak.


Ketenangan jiwa bagi orang hamil memang ada pengaruhnya bagi kehamilannya. Sehingga orang hamil tidak lepas dari anjuran umum untuk banyak-banyak membaca al Quran, sebagai ibadah semata-mata karena Allaah SWT. Al Quran bukan hanya surat Maryam dan surat Yusuf. Selain itu, memang tidak ada dalil yang kuat terkait dengan membaca surat tadi (Maryam dan Yusuf) akan membawa khasiat pada kandungan seseorang. Jelasnya, bacaan al Quran yang baik dan ikhlas karena Allaah SWT akan membawa ketenangan hati. Hati yang tenan akan membawa pengaruh yang baik bagi janin dalam kandungan. Ini ditinjau dari batiniyah, tetapi dari lahiriyah, juga harus disertai dengan makanan yang bergizi dan rajin memeriksakan ke dokter serta menaati peraturan kesehatan.


Wallaahu a'lam.

Sumber: Buku Tanya-Jawab Agama II, Tim PP Muhammadiyah Majelis Tarjih, Suara Muhammadiyah, 1992.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Bacaan Surat Yusuf dan Surat Maryam Berkhasiat Pada Kehamilan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel