Ayat Al Quran Untuk Obat dan Kepintaran

 

Ayat Al Quran Untuk Obat dan Kepintaran

Pertanyaan:

Bagaimana hukum menggunakan tulisan ayat al Quran untuk obat atau untuk sarana supaya cerdas, seperti kalau sakit badannya menulis ayat dalam kertas putih lalu direndam untuk mandi agar sembuh atau tulisan ayat al Quran direndam kemudian diminum agar pintar? Apakah ada tuntunannya? (Utomo Gunawan, Poncol Gg. VII/16 Pekalongan)


Jawaban:

Tidak ada tuntunan untuk menulis ayat-ayat al Quran untuk keperluan demikian. Yang ada ialah perintah untuk membaca dan merenungkan isi kandungan al Quran. Kalau memohon kepada Allaah SWT dengan sarana yang benar, seperti sakit berobat dengan obat yang sesuai dengan sarana yang benar, seperti sakit berobat dengan obat yang sesuai dengan petunjuk yang ahli tentang penyakit. Sedangkan untuk dapat pandai haruslah belajar. Kesemuanya disertai dengan memohon kepada Allaah SWT, dengan cara yang dituntunkan  agama, dengan penuh kesabaran dan dengan rajin melakukan sholat, sesuai dengan firman Allaah SWT dalam surat al Baqoroh ayat 45. Hal ini juga tersebut pada ayat 153 yang artinya:


"Hai orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allaah SWT dengan sabar dan sholat"


Jadi di samping usaha lahiriah yang benar, juga menggunakan usaha batiniah dengan selalu memohon kepada Allaah SWT, untuk mendapatkan yang kita inginkan, tidak dengan cara menggunakan ayat yang ditulis kemudian diminum, digantung pada badan yang kesemuanya itu bisa membawa kepada kesyirikan. Sebagaimana hadits riwayat al Hakim dan Ahmad yang artinya:

"Sesungguhnya jampi-jampian, tangkal-tangkal dan tilawah adalah syirik." (HR. Ahmad dan al Hakim)


Wallaahu a'lam.

Sumber: Buku Tanya-Jawab Agama II, Tim PP Muhammadiyah Majelis Tarjih, Suara Muhammadiyah, 1992.

Belum ada Komentar untuk "Ayat Al Quran Untuk Obat dan Kepintaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel