Bacaan Imam Shalat Jumat Tidak Fasih. Bagaimana Shalat Jumatnya?

 

Bacaan Imam Shalat Jumat Tidak Fasih. Bagaimana Shalat Jumatnya?

Pertanyaan:

Di tempat saya telah didirikan masjid, sudah dua tahun berdiri dengan bangunan baru dan sudah digunakan shalat Jumat. Muadzinnya tidak pakai kopiah (peci) dan imamnya kurang fasih, sering salah tajwidnya. Apakah jamaah shalat Jumat itu sah? Mohon penjelasannya. (Yahya Sulaiman, PRM Sei Manan, Riau)


Jawaban:

Berdasarkan hadits, yang menjadi imam hendaknya yang paling baik bacaan al Qurannya. Kalau di tempat itu memang belum ada yang paling baik, ya seadanya, sambil terus ditingkatkan kemampuan bacaannya. Usulkan kepada takmir masjid di tempat saudara, agar imam dan khatibnya terus berusaha meningkatkan kemampuan bacaan dan pemahamannya, termasuk generasi mudanya. 

Mengenai muadzin yang tidak berkopiah (peci), tidak mempengaruhi sah tidaknya shalat Jumat, karena tidak menjadi syarat. Yang jelas diperintahkan oleh al Quran terdapat dalam surat al A’rof ayat 31:

يبني آدم خذوا زينتكم عند كل مسجد

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang baik-baik di setiap masuk masjid (QS. Al A’rof ayat 31)

Maksudnya, pakailah pakaian yang pantas menurut ‘urf syara’ (seperi menutup aurot dan pantas dipandang orang), ketika hendak melakukan shalat atau ibadah yang lain.


Wallaahu a’lam

Sumber: Buku “Tanya Jawab Agama Jilid II”, Tim PP Muhammadiyah Majelis Tarjih, Suara Muhammadiyah, Cetakan V, 2001

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Imam Shalat Jumat Tidak Fasih. Bagaimana Shalat Jumatnya? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel