Seperti apa Thuma’ninah dalam Ruku’ dan Sujud?

Seperti apa Thuma’ninah dalam Ruku’ dan Sujud?


Pertanyaan:

Bagaimanakah pelaksanaan yang dikatakan, “berketetapan di dalam ruku’ dan sujud”? Serta bagaimana pula cara menyempurnakan thuma’ninah di dalam ruku’ dan sujud? (Abd. Rahim, Lombok)

Jawaban:

Thuma’ninah di dalam ruku’ ialah tenang dan diam sebentar, di dalam membungkukkan badan dengan meletakkan kedua telapak tangannya pada kedua lutut, sedang punggung datar atau rata dan dalam membungkuk itu diam atau tenang sebentar. Digambarkan, menurut riwayat ath Thabrani dan Ibnu Majah, dalam meratakan punggung ketika ruku’ harus datar dan kalau sekiranya pada saat ruku’ itu ditumpahkan air di punggung, air itu tetap (tidak tumpah), tidak mengalir ke depan atau ke belakang.

Adapun mengenai thuma’ninah di dalam sujud, maka pelaksanaannya dengan diam atau tenang sebentar di kala sejumlah tujuh anggota badan, yakni dua ujung kaki, dua lutut, dan dua telapak tangan serta muka (dahi dan ujung hidung) menyentuh lantai tempat sujud. Demikian menurut berbagai riwayat antara lain Muslim, Abu ‘Awanah dan Ibnu Hibban.


Wallaahu a’lam

 

Sumber: Buku “Tanya Jawab Agama Jilid II”, Tim PP Muhammadiyah Majelis Tarjih, Suara Muhammadiyah, Cetakan V, 2001

Belum ada Komentar untuk "Seperti apa Thuma’ninah dalam Ruku’ dan Sujud?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel