Bagaimana Puasa untuk Penderita Diabetes?

Bagaimana Puasa untuk Penderita Diabetes?


Pertanyaan:

Salah seorang kerabat saya menderita penyakit diabetes (kencing manis yang cukup kronis). Menurut petunjuk dokter dia harus makan kentang tiap hari (bukan nasi) dan makannya pun harus diatur. Karena itu, sesuai saran dokter ia tidak dapat melaksanakan ibadah puasa sebagaimana mestinya. Apakah yang bersangkutan dapat tidak puasa dengan membayar fidyah atau tidak puasa dengan menyaur di waktu lain? (H. Agusnur M. Lgn. No. 6613, Muka Pasar Lama Blangkejeran, Aceh Tenggara)


Jawaban:

Harap berkonsultasi dengan dokternya, apakah memang si penderita kalau berpuasa akan mendatangkan mafsafah (kerusakan) yang lebih parah, atau justru akan mengurangi kadar gula dalam darahnya. Kalau menurut dokter muslim yang ahli, jika yang bersangkutan berpuasa akan mendatangkan mafsadah, sehingga tidak ada waktu lagi untuk mengganti di waktu yang lain, karena sakit diabetes adalah sakit yang berkesinambungan, maka yang bersangkutan tidak puasa dan membayar fidyah, dimasukkan dalam kualifikasi yuthiiquunahu pada surat al Baqarah ayat 184.


أَیَّامًا مَّعۡدُودَ ٰ⁠تࣲۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِیضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةࣱ مِّنۡ أَیَّامٍ أُخَرَۚ وَعَلَى ٱلَّذِینَ یُطِیقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسۡكِيْنٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرًا لَّهُۥۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al Baqarah : 184)


Wallaahu a’lam

Sumber: Buku “Tanya Jawab Agama Jilid II”, Tim PP Muhammadiyah Majelis Tarjih, Suara Muhammadiyah, Cetakan V, 2001.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Puasa untuk Penderita Diabetes?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel