Alamat Piutang Tidak Diketahui, Hutang Belum Lunas

Alamat Piutang Tidak Diketahui, Hutang Belum Lunas


Pertanyaan:

Saya mempunyai hutang pada Fulan. Sewaktu saya akan mengembalikan hutang saya tersebut, si Fulan telah pindah alamat yang saya tidak tahu. Keluarganya pun saya tidak tahu. Padahal hutang akan dituntun sampai di akhirat. Bagaimana cara saya melunasi hutang saya tersebut? (Humas, Lgn. No. 6347)


Jawaban:

Untuk mencari alamat Fulan, saudara dapat dengan menggunakan media surat kabar atau majalah melalui surat pembaca. Kalau tidak didapat, maka ada jalan keluar, diantaranya saudara simpan uang itu sebagai amanah untuk diberikan sewaktu-waktu Fulan didapati alamatnya diberikan kepadanya. Agar uang yang Anda hutang itu tidak habis nilainya karena inflasi dan hal itu merupakan amanat, belikanlah barang yang harganya stabil, seperti emas. Akan lebih baik lagi kalau uang itu dikembalikan seperti digunakan modal atau dibelikan ternak yang dapat menjadi banyak, nantinya diberikan kepada yang bersangkutan apabila telah kedapatan alamatnya.

Dalam suatu hadits muttafaqun ‘alaih diriwayatkan bahwa ada orang yang belum sempat memberikan upah kepada buruhnya, kemudian upah itu dibelikan ternak dan setelah menjadi banyak, buruh itu meminta upah itu tetapi telah menjadi ternak yang banyak sekali jumlahnya yang kemudian diserahkan kepada buruh itu oleh majikannya, dan majikan itu dinilai sebagai orang yang ikhlas dan pemegang amanat yang terpercaya.

Jalan keluar yang lain ialah kalau di tempat Anda ada badan yang mengelola harta umat Islam yang di masa dulu bernama Baitul Maal Lilmuslimin, dapat dititipkan kepada badan tersebut. Atau kalau memang telah lama tidak didapati alamatnya dan Anda yakin tidak akan ditagih lagi, serahkan saja pada lembaga sosial Islam untuk dapat dimanfaatkan dengan niat Anda telah mengembalikan hutang Anda kepada Fulan tersebut.



Wallaahu a'lam.

Sumber: Buku Tanya-Jawab Agama II, Tim PP Muhammadiyah Majelis Tarjih, Suara Muhammadiyah, 1992.

Belum ada Komentar untuk "Alamat Piutang Tidak Diketahui, Hutang Belum Lunas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel